Saturday, April 3, 2010

Artalyta Suryani, Wanita di Belakang Sjamsul Nursalim

Selasa, 04/03/2008 03:14 WIB
Koreksi Berita
Artalyta Suryani, Wanita di Belakang Sjamsul Nursalim
Ramdhan Muhaimin - detikNews
Jakarta - Teka-teki siapa Artalyta Suryani yang menjadi tersangka penyuapan Jaksa Urip Tri Gunawan masih menjadi misteri. KPK yang melakukan penyidikan hingga kini masih belum membuka mulut mengenai siapa sebenarnya wanita yang disebut-sebut menjadi penghubung antara Jaksa Urip dengan pengusaha Sjamsul Nursalim.

Apakah betul Artalyta merupakan orang yang dekat dengan lingkungan bisnis Sjamsul Nursalim?

Penelusuran yang dilakukan detikcom, Senin (3/3/2008), menemukan Artalyta merupakan salah seorang pengusaha kelas kakap.

Dalam situs Bursa Efek Jakarta per 3 Maret 2008, nama Artalyta Suryani tercatat sebagai orang kedua di Indonesia Prima Properti Tbk. Artalyta menjabat Wakil Komisaris Utama perusahaan tersebut. Sedangkan Komisaris Utama dipegang Dibyo Widodo.

Perusahaan raksasa yang bergerak dibidang properti dan real estate ini beralamat lengkap di Wisma Sudirman Lantai II Jalan Jend Sudirman Kav 34, Jakarta Pusat.

Tidak hanya itu, dalam profil perusahaan yang berdiri sejak 23 April 1983 itu, juga terungkap jika 90,09 persen saham perusahaan diambil alih oleh First Pacific Capital Group Limited per 31 Januari 2008. Sedangkan PT Gajah Tunggal Mulia per 30 September 2007 hanya tercatat memiliki saham sebesar 18,46 persen.

Gajah Tunggal Mulia merupakan anak perusahaan Gajah Tunggal Tbk yang dimiliki Sjamsul Nursalim. Suami Artalyta sendiri, yaitu Surya Dharma (alm) merupakan mantan bos PT Gajah Tunggal.

Dari sedikit catatan di atas, mungkinkah semakin memperkuat dugaan jika transaksi suap yang dilakukan Artalyta terhadap Jaksa Urip pada Minggu 2 Maret 2008, sangat terkait dengan kasus BLBI yang penyidikannya dihentikan oleh Kejagung? Mari kita tunggu penjelasan KPK!
(rmd/anw)

No comments:

Post a Comment